I forget stuff… really!!!

Ganti Hard Disk

Setelah beberapa lama saya memakai Toshiba Satellite M35, Dual Boot Windows XP Pro dan Ubuntu Dapper Drake, mulai terlintas di pikiran untuk meng-upgrade Hard Disk. Alokasi Hard Disk 20 GB XP, 19 GB Dapper dan 1 GB Swap sebenarnya sudah memadai, tapi keinginan memasukkan HDD 80 GB ke dalam notebook saya begitu besar.

Change HDD

Skema upgrade HDD yang saya pilih adalah berikut membeli HDD 80GB dan external case, kemudian menukar HDD 80 GB tersebut dengan HDD 40 GB bawaan notebook, sehingga saya akan memilik Notebook dengan kapasitas 80 GB dan External storage dengan kapasitas 40 GB. Tentunya hal tersebut harus dilakukan tanpa install ulang kedua Operating System.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. HDD baru di-attach ke USB sehingga dikenali sebagai /dev/sda

2. Partisi (dengan fdisk) HDD baru yang terpasang di external case dengan ukuran sbb:

/dev/sda1 ukurannya sama persis dengan /dev/hda1 dan diset Partition Id 7
/dev/sda5 dengan partition Id 83 untuk Linux
/dev/sda6 sebesar 1,5 GB untuk swap (Partition Id 82) sengaja swap saya buat lebih besar dari awal, karena sebelumnya saya telah menambahkan RAM menjadi 774236 kB.

3. Copy MBR ke HDD External

$ sudo dd if=/dev/hda of=/dev/sda bs=446 count=1

4. Clone Partisi WinXP ke HDD External

$ sudo dd if=/dev/hda1 of=/dev/sda1

5. Format partisi /dev/sda5 mejnadi ext3

$ sudo mkfs.ext3 /dev/sda5

6. Copy seluruh filesystem Linux ke Partisi yang lebih besar

$ sudo find / -xdev | cpio -padm /dev/sda5

Sampai langkah ini, kita sudah selesai memindahkan seluruh isi HDD ke HDD Baru yang lebih besar, karena skema partisi HDD lama dan baru sama maka saya tidak perlu mengedit /etc/fstab.

7. Sekarang HDD baru dibongkar dari External Case dan ditukar dengan HDD internal sehingga notebook saya siap di boot dengan Kapasitas yang lebih besar.

Powered by Wordpress | Designed by Elegant Themes