I forget stuff… really!!!

Vista dan LCD Pecah

Cerita yang lucu tentang seorang GM di kantor kami, namanya saja GM pastinya punya tuntutan spesifikasi notebook yang highend. Akhirnya setelah kami tentukan spesifikasi dilakukanlah pengadaan sebuah notebook IBM highend lengkap dengan Windows Vista Business preinstalled, di benak saya sekalian pengen tau seperti apa sih vista? Karena banyak pekerjaan akhirnya saya tidak sempat mencoba OS terbaru Microsoft ini, dan setelah selesai di-configure Administrator saya notebook tersebut diserahkan pada usernya.

Dua bulan berselang, pak GM kemudian datang ke Departement IT saya dan bertanya “bisakah notebook saya dibetulkan? LCDnya pecah…” waduh…. koq bisa…. Tentunya perbaikan komponen seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dan sudah pasti beliau membutuhkan notebook pengganti sementara. Stok notebook yang kami miliki hanyalah sebuah Compaq lowend ber-processor Celeron dengan RAM hanya separuh notebook highend tersebut. Sedianya Notebook dengan system operasi Windows XP Professional ini hanya dipakai saat ada staff yang perlu presentasi, tetapi karena yang butuh adalah orang penting maka harus diprioritaskan. Apalagi banyak project yang harus diselesaikan bapak ini agar invoice bisa di-issue.

Saat Admin saya menyerahkan notebook, ada komentar “Wah jelek… Tapi nggak apa-apa kan sementara…”. Setelah dua hari memakai notebook jelek ini kemudian muncul pertanyaan baru “Wis.. koq lebih kenceng notebook baru ini ya???” dengan senang hati saya menjawab “Kalau bapak senang dengan notebook ini… boleh dipakai seterusnya koq…”, Sambil ngebayangin lungsuran notebook highend untuk menjalankan Compiz-Fusion… 😀

Tapi bakal tecover warranty kagak ya???

Anyway.. inti dari cerita diatas… apakah memang sebegitu jeleknya performace Vista?

  • Wah lumayan nih, kayake ane bakal dapet lungsuran Lenovo Y400 :p

  • he2, yang high-end malah cuma dipake bwt ngejalanin “office” doang yah pak 😀

    * asumsi, Bapak GM tadi pasti gak perlu ngerjain komputasi yang edan-edanan, jadi paling pol juga ngecek revenue forecast di EXCEL 😀

  • Vista membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi……
    Jadi bukan masalah performance yang jelek dari Vista melainkan spesifikasi h/w nya masih kurang tinggi 😀

  • milisdad

    po hubungan ne LCD pecah karo Vista??
    aku bingung……

  • @feha -> betul banget.. dan spesifikasi itu udah cukup wah buat Compiz-Fusion…

    @invaleed -> sabar… lha wong Thinkpad nya aja belum kelar…

    @milisdad -> mungkin karena kepentok kepala GM saat ketiduran nunggu applikasi jalan…

    @fahdi -> bener.. dan kayaknya dia udah happy sama Celeron…

  • hmm, notebook lamanya celeron ya? bisa jadi karena celeron tidak ada speedstep, bosnya mempunyai persepsi kalau notebook celeron relatif lebih cepat, lebih karena processor speed tidak pernah turun. beda dengan prosesor middle-high end yang ada teknologi energy saving, kadang prosesor melambat untuk menghemat energi, jadi persepsi yang muncul kok kadang lemot notebook-nya.

  • Kalo cuma Office aja, barangkali kasih aja Office 97 yang jauh lebih ringan… sehingga makin dipuji makin cepet aja…

    BTW… Beneran tuch LCD-nya pecah…??? Atau karena hanya efek Aero splash dari si Vista…??? 🙂

  • @feha:
    Terus kalo Vista butuh hw yang tinggi manfaat yang kita dapatkan dari Vista apa ? apakah ada sesuatu yang istimewa yang bisa kita dapatkan. Kalau saya pribadi selalu mikir effort = hasil ! Dari pada beli hw yang tinggi buat Vista, mending beli product Apple sekalian yang udah jelas kelebihannya dibanding Vista, betul apa betul ?

    Satu hal lagi, Vista mungkin agak2 ogeb yah … bentar2 nanya, boleh in boleh itu, harusnya kalo bener2 canggih dia harus bisa mengerti mana yang boleh mana yang enggak. Mungkin kalo user yang udah paham IT dia bisa menentukan mana yang di allow mana yang di tolak, nah kalo yang make masih awam banget gimana ??? malah jadi ngebingungin kan ? malah jadi ngeganjel di hati. Sebenernya fitur ini dipakai microsoft untuk cuci tangan atas segala kerapuhan sistemnya. jadi kalo ada aktifitas virus yang merugikan yang disalahin si user, kenapa di allow ? :)) Duh kasian usernya windows ….

  • milisdad

    @indrayana
    Untuk hemat lisensi Windows bisa menggunakan PCBSD dengan MS Office Installer [V] yg hanya memasukkan serial-key nya MS Office 97.

  • pennux

    apaan tuh PCBSD?

Powered by Wordpress | Designed by Elegant Themes