Nggak tahan juga. akhirnya beberapa pekerjaan saya pending dan saya putuskan meng-upgrade notebook saya ke Hardy Heron. awalnya saya ingin fresh install agar partisi Windows bisa saya hapus. bayangin. saya pertahankan 10GB NTFS tidak terpakai hanya karena ada sticker M$ dibelakang notebook. tujuan mulia itu tidak jadi saya laksanakan dengan pertimbangan fresh install akan semakin menghabiskan waktu untuk meng-install aplikasi2 tambahan dan konfigurasi setting2 yang saya butuhkan. ya udah lah. akhirnya saya upgrade saja. kenapa dulu tidak saya LVM aja ya HDD nya. khan bisa digedhein.

Instalasi yang saya lakukan dengan repo on external HDD 😀 . beruntung mirror di kantor sudah kelar menyedot repo Hardy dari kambing.ui.edu sehingga bisa saya copykan bergiga2 data tersebut ke external HDD. eh bakal jadi berapa keping DVD nih. DVD Repo. anyway. sore tadi HDD external tsb saya tancapkan di Lenovo.

HDD Repo

mount sebagai /media/disk dan saya backup source.list gutsy. menarik. ternyata backup source.list feisty masih nangkring 😛

wisu@wisu-lenovo:/etc/apt$ ls -la | grep list

-rw-r–r– 1 root root 131 2008-04-27 20:48 sources.list

drwxr-xr-x 2 root root 4096 2007-10-29 08:07 sources.list.d

-rw-r–r– 1 root root 2687 2007-10-29 08:09 sources.list.feisty

-rw-r–r– 1 root root 950 2008-04-21 10:30 sources.list.gutsy

isi source.list terbaru adalah sbb:

deb file:///media/disk/ubuntu hardy main restricted multiverse universe

#deb http://mirror.domain.gue/medibuntu hardy free non-free

Proses upgrade sempat terganggu oleh bug besar. PLN padam pada pukul 16:30 selama 1,5 jam dan kembali padam pada 18:30 selama hampir 2 jam 😛 . saya pikir beruntung belum sempat memulai proses upgrade. nggak tau deh jadinya kalo upgrade putus ditengah jalan.

Setelah apt-get update saya jalankan perintah apt-get dist-upgrade. proses terhenti di konfigurasi paket compiz-fusion-plugins-extra. saya coba remove paket tersebut tetapi merupakan ketergantungan dari paket compiz. mungkinkah karena repo belum 100% sinkron? akhirnya kedua paket tersebut saya uninstall saja..

sudo apt-get remove compiz compiz-fusion-plugins-extra

otomatis apt akan menkonfigurasi paket2 yang belum terinstall. selesai instalasi tersebut. saya lanjutkan lagi dengan apt-get dist-upgrade dan proses berjalan lancar hingga selesai. saya chek paket2 compiz terinstall dengan sukses. :-/

wisu@wisu-lenovo:~$ dpkg -l | grep compiz

ii compiz-core 1:0.7.4-0ubuntu6 OpenGL window and compositing manager

ii compiz-fusion-plugins-main 0.7.4-0ubuntu4 Collection of plugins from OpenCompositing for Compiz

ii compiz-fusion-plugins-unofficial 0.0.2~git20070921+3v1ubuntu0 Collection of UNOFFICIAL fusion plugins for Compiz

ii compiz-gnome 1:0.7.4-0ubuntu6 OpenGL window and compositing manager – GNOME window dec

ii compiz-plugins 1:0.7.4-0ubuntu6 OpenGL window and compositing manager – plugins

ii compizconfig-backend-gconf 0.7.4-0ubuntu1 Settings library for plugins – OpenCompositing Project

ii compizconfig-settings-manager 0.7.4-0ubuntu2 Compiz configuration settings manager

ii libcompizconfig0 0.7.4-0ubuntu1 Settings library for plugins – OpenCompositing Project

ii python-compizconfig 0.7.4-0ubuntu1 Compiz configuration system bindings

sekarang saya pikir sudah waktunya reboot. setelah up.. ternyata Openoffice.org tidak terdapat di menu. dugaan saya karena instalasi Openoffice.org 2.4 secara manual di http://www.bigwisu.com/2008/03/31/openofficeorg-24 untuk memperbaiki hal itu saya lakukan instalasi OOo dengan perintah.

sudo apt-get install openclipart-openoffice.org openoffice.org openoffice.org-base openoffice.org-calc openoffice.org-common openoffice.org-core openoffice.org-draw openoffice.org-evolution openoffice.org-filter-mobiledev openoffice.org-gnome openoffice.org-gtk openoffice.org-help-en-us openoffice.org-hyphenation openoffice.org-impress openoffice.org-java-common openoffice.org-l10n-common openoffice.org-l10n-en-gb openoffice.org-l10n-en-za openoffice.org-math openoffice.org-style-human openoffice.org-thesaurus-en-us openoffice.org-writer

Selesai instal splashscreen OOo biru menjadi coklat khas ubuntu 😀 .

Sekarang giliran mencoba Firefox terbaru. hiks. ternyata banyak extension yang gagal berjalan. hiks. gmail manager, zimbra check dan fireftp. hiks. ada yang bisa bantu informasikan addon pengganti?.

Sekarang giliran Compiz. hehehe. ternyata mantab. tadinya compiz tidak pernah saya jalankan karena tidak stabil apalagi dengan driver VGA nVidia. untuk sementara, karena belum banyak mencobanya, saya merasa compiz yang baru jauh lebih stabil.

All in all Hardy Heron mantab.

Update 1:

saat ssh ke server gue. koq minta “Unlock Private Key” di deny berhasil sih. tapi jadi nyebelin kalo terus2an nongol.

Unlock Private Key

Update 2:

ternyata ada yang posting bug tentang permintaan “Unlock Private Key”

https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/gnome-keyring/+bug/187127

dan kebetulan solusinya juga di post di halaman tersebut. yaitu dengan tidak mengikut sertakan ssh dalam gnome-keyring. caranya dengan mengeksekusi

gconftool-2 –set -t bool /apps/gnome-keyring/daemon-components/ssh false

kemudian tekan ctrl+alt+backspace untuk merestart gnome.