Pagi ini saya datang ke acaranya M$ Indonesia tentang Software Asset Management dan Piagam HKI.

Piagam HKI ini dapat dikeluarkan oleh BSA kepada sebuah entitas yang sebelumnya telah di audit oleh Konsultan Independent, di Indonesia ada 2. Dimana konsultan tersebut akan melakukan pencocokan antara detail pembelian software dengan hasil scan mereka. ya.. ya. ya. ada NDA segala agar perusahaan merasa aman. Nah hasil audit ini akan menjadi dasar dari BSA memberikan piagam yang menyatakan perusahaan tersebut menggunakan software secara legal. Tentunya software yang dimaksud adalah software yang merupakan produk anggota BSA.

Pikir2. lama2 gawat nih. bisa2 nanti sebuah tender mempersyaratkan harus memiliki Piagam HKI. layaknya sertipikat ISO dll. 🙁

Kepikir juga apa jadinya kalo sebuah entitas menggunakan environment yang 100% FOSS tidak bisa dong dapetin piagam ini dong. lha wong vendor aplikasinya tidak ada yang anggota BSA. padahal environment kerja mereka justru sangat menjunjung tinggi HKI. ya. mungkin bisa diakalin dengan membeli satu buah laptop preinstalled OS M$ secara OEM. 😛 tapi tentunya tidak boleh ilang bon pembeliannya.

Ada konsep yang menarik. yaitu pemberian penghargaan kepada sebuah entitas yang menghargai HKI. kenapa dunia FOSS tidak melakukan hal ini juga?