I forget stuff… really!!!

Managemen Waktu dengan Zimbra

Waktu seringkali diibaratkan dengan uang; kita bisa menghabiskan waktu, menghemat waktu, bahkan kita dapat menginvestasikan waktu. Waktu yang dipakai tanpa adanya perbaikan misalnya dalam effisiensi, produktifitas atau effektifitas bisa dianggap habis begitu saja. Kita akan menghemat waktu jika kita menyelesaikan tugas atau pekerjaan lebih cepat atau dengan lebih sedikit usaha daripada sebelumnya. Waktu yang kita pakai untuk mencari metode atau proses yang mempercepat penyelesaian tugas/pekerjaan merupakan investasi dari waktu kita.

Pendelegasian tugas atau perkerjaan adalah investasi yang sangat berharga dari waktu kita. Walaupun kita harus menyediakan waktu untuk mengajari malah terkadang melakukan on the job training, namun waktu yang terpakai sekarang akan sangat bermanfaat di masa mendatang. Dalam pendelegasian tugas salah satu aspek yang harus kita jaga adalah kontrol penyelesaian, untuk itu kita bisa gunakan task list.

Dalam implementasi Zimbra saya biasa create beberapa task list sesuai dengan pekerjaan mana saja yang sedang saya kerjakan…

Daftar tugas ini kemudian saya share ke staff…

Rights terhadap shared task list tersebut bisa di sesuaikan dengan policy yang ingin kita terapkan.

Tentunya dengan tools ini kita bisa manage waktu kita sendiri dan juga dapat tentukan tugas2 mana saja yang bisa kita delegasikan… tentunya dengan kontrol penyelesaian tugas yang baik.

Tools ini lebih cenderung saya gunakan untuk jenis pekerjaan yang tidak berada dalam time line project management, tentunya anda butuh tools lain jauh lebih complex jika berada dalam kasus seperti itu… saya akan coba bahas tapi di lain waktu… 😛

Powered by Wordpress | Designed by Elegant Themes