Beberapa bulan yang lalu saya menjual notebook anak saya ke toko yang secara profesional melakukan jual beli notebook. tujuannya menukarkan laptop jadul dan menggantinya dengan HP Mininote.

Yang menarik adalah bagaimana mereka melakukan pengecekan terhadap notebook tersebut. Pertama orang sales memeriksa merk, model, dan jenis dari masing2 CPU, RAM, Optical Drive serta kelengkapan Network, IRDA dan Bluetooth. Sales ini akan memberikan estimasi harga awal. setelah negosiasi dan deal. laptop diperiksa secara detail oleh teknisi untuk menentukan apakah bisa dilanjutkan dengan harga tersebut. berikut saya coba share sedikit. pengamatan saya terhadap perlakuan pemeriksaan oleh teknisi notebook.

  1. Fisik Luar

Mereka meneliti fisik dengan mata dan meraba jika ada bagian yang dirasa mencurigakan.

  1. Engsel LCD

Buka tutup laptop. beberapa kali

  1. Optical Device

Play DVD/VCD.

  1. USB

Flash disk kebaca nggak.

  1. Card Reader

Sebuah Memory Card yang dimasukkan ke device dan dilihat apakah dikenali oleh OS.

  1. Battery Life

Teknisi memastikan Battery indikator menunjukkan level penuh. kemudian dia mencabut charger. sambil meneruskan pemeriksaan periperal lain. battery life notebook jadul saya yang diatas 30 menit dianggap bagus. 😀 . Battery life akan dihargai 500rb Rupiah oleh penjual. katanya itu harga untuk ngisi ulang cell. (thinking)

  1. Charging

Setelah battery mulai habis mereka men-charge kembali dan selang beberapa saat memerika kapasitas battery yang terbaca di indikator.

  1. Keyboard

Dengan menjalankan aplikasi texteditor (dalam kasus laptop saya gedit) semua tombol di pencet bergantian sambil dilihat respon di layar monitor.

  1. Touchpad / Pointing Stick

Masing2 input device dicoba dan diamati response di layar monitor

  1. LCD Dead Pixels

Jeli melihat layar. pada background terang dan gelap secara berganitan.

  1. External display

External VGA output dari notebook di colokin ke monitor.

  1. Fungsi Tombol

Tombol wifi. volume.. dll.. masing2 dicoba.

  1. CPU

Dicek clock speed CPU yang terbaca oleh OS -> ngajarin terknisi untuk ngebaca output dari cat /proc/cpuinfo

  1. RAM

Dicek besarnya RAM yang terbaca oleh OS -> ngajarin terknisi untuk ngebaca output dari cat /proc/meminfo

  1. Kipas

Laptop di biarkan nyala dan dilihat apakah kipas berfungsi saat laptop panas.

  1. OS License

Sticker berikut Recovery Disk. Sticker tanpa recovery disk dianggap non OS. nyesel juga recovery disk gue hilang.. ujung2nya sticker WinXP HE dianggap non-OS.

Perlengkapan lain seperti tas. mouse. tidak terlalu diperhatikan. dan hasilnya. notebook jadul laku terjual menjelma menjadi sebuah HP Mininote yang saya gunakan untuk mengetik tulisan ini (dance)