Saat saya berkunjung ke situs http://ubuntu.com untuk lihat kepastian soal tanggal rilis Karmic Koala, perhatian saya justru tertuju pada informasi lain.

http://www.ubuntu.com/news/canonical-dell-deliver-ubuntu-moblin-remix

.

Sep 23 Intel Developer Forum, San Francisco: Canonical and Dell have collaborated to bring the latest developer edition of the Moblinâ„¢ v2 user experience to the developer market. Called ‘Ubuntu Moblin Remix Developer Edition’ and optimized for the Intel® Atomâ„¢ processor-based Dell Inspiron Mini 10v netbook, this release gives developer communities a great platform to develop and test Moblin and associated applications.

.

menarik nih (thinking) dan setelah memantek speedy semalaman untuk mengunduh img USB installernya, pagi harinya saya putuskan untuk menginstallnya pada HPMini 2140.

Ternyata installer ini adalah OEM installer, dan seperti dugaan saya semua berjalan otomatis tanpa ada konfirmasi dalam pemilihan jenis dan ukuran partisi. Alhasil seluruh isi HDD terhapus. untung nggak ada data penting. Bahkan pemilihan username dll juga tidak dijumpai.

Setelah reboot saya melihat bootloader khas Jaunty. mulailah proses yang lazim ditemui OEM installer lainnya yaitu setting username password serta timezone. setelah masuk wilayah X saya berjumpa dengan Clutter Interface ala Moblin yang dulu pernah saya coba sebelumnya.

Moblin-Ubuntu

Walau menggunakan Clutter Interface. dibawah kulit ternyata Ubuntu

Hal ini memudahkan instalasi ribuan aplikasi yang tersedia Repo Ubuntu, seperti Openoffice

Gimp

Hari berikutnya HPMini Moblin Ubuntu ini saya bawa ke kantor untuk bekerja. sekalian melakukan testing kehandalan kinerja Clutter Inteface nya.

Ternyata pada hari itu ada konser U2 yang disiarkan live melalui webcast. dan Moblin ini pun saya pakai untuk bekerja sambil menonton konser tersebut. (rock)

Sambil sekali-sekali menonton konser saya meng-update materi presentasi yang hendak kami presentasikan ke client. dan pada jam 15.00 notebook mungil bertenaga Moblin ini saya bawa ke client. dan lakukan presentasi. 😀

Hasilnya luar biasa!!! kami dapat job order IT Manager, Legal Manager dan Marketing Ass Manager di perusahaan produsen merk Popok Bayi ternama. 😀

Overall Moblin rasa Ubuntu ini cukup enak dipakai sehari2, dan sangat mantab untuk presentasi. terus terang ada beberapa hal yang mengganjal.

  1. Tidak bisa langsung mereply atau retweet dari MyZone

  2. Bluetooth belum terintegrasi dengan Panel

Overall saya cukup senang dengan Moblin Ubuntu ini. tapi karena dua ganjalan diatas. saya putuskan menggunakan UNR

(nyengir)