I forget stuff… really!!!

Kemana Ibu Budi?

Sekar

Ini Budi
Ini ibu Budi
Ibu Budi pergi ke pasar…

Bagi orang – orang seumuran saya, insyaAllah bakal banyak inget kalimat – kalimat tersebut diajarkan saat duduk di bangku kelas 1 Sekolah Dasar..

Hari ini saya dan istri mengambil rapor bayangan anak – anak kami, Sekar anak saya nomor dua saat ini duduk di bangku kelas 1 SD. Pada kesempatan ini, kami berbicara dengan wali kelas Sekar dan bertanya tentang perkembangan anak kami di kelas, apakah dia bisa mengikuti pelajaran di sekolah? Menurut beliau Sekar bisa mengikuti pelajaran dengan baik berkat kemampuan baca, tulis dan hitung yang sudah cukup lancar. Lebih lanjut dia kemudian bercerita tentang tantangan mengajar teman – teman Sekar yang saat ini belum lancar membaca. Dimaklumi oleh beliau, karena kurikulum TK tidak mewajibkan anak belajar membaca, berhitung dan menulis. Tetapi kurikulum SD kelas 1 sudah tidak mengajarkan tiga hal mendasar tersebut.

Flash back 5 tahun yang lalu, anak kami nomor satu saat itu juga masuk SD dengan sudah bisa baca, tulis dan berhitung.. Jika flash back lebih jauh lagi.. saat kita masih kelas 1 SD… sepertinya kita diajarakan baca tulis dan berhitung saat duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 1..

Saya jadi teringat tentang tulisan yang melarang anak TK ikut serta dalam pelajaran “Calistung”, atau pelajaran Baca Tulis dan Hitung… Terus terang bagi Sekar, keinginan belajar tulis dan hitung justru datang dari dirinya sendiri.. motivasinya sederahan.. ingin bisa chatting dengan bapak, ibu dan masnya..

Bahkan 21 Agustus 2011 (umur 4 tahun) Sekar sudah pernah menulis tulisan berikut di Writer OpenOffice..

Waktu playgrup aku belajar naik sepeda rodadu 2 . diajarin papa dan mas . Aku pas partama aku takut. Pas aku lamalama aku diajak mas bagus tibatiba teros ada dogi aku di keje dogi terosakube aku dikejar bombom .warna cokelat aku tida nangis

Sekar and HP Mini 2140

Saya bukan ahli Psikologi, perkembangan anak atau hal2 serupa.. pikiran saya sederhana.. Orang – orang angkatan saya baru belajar membaca saat kelas 1 SD dan hasilnya belum bisa dibilang memuaskan.. Kalo anak2 kita dari kecil sudah belajar baca tulis sepertinya bakal maju..

Bagaimana menurut anda? Saya sangat terbuka untuk menerima input tentang hal ini…

Powered by Wordpress | Designed by Elegant Themes