Tascam IM2

Sepertinya bakal banyak yang sependapat, jika saya katakan hal yang sangat penting dalam proses belajar adalah evaluasi untuk mengetahui serta mengukur perkembangan, di sekolah ujian adalah bentuk evaluasi yang sering kita jumpai.

Dalam konteks evaluasi anak – anak Rocket belajar musik, saya selalu merekam audio performance band khususnya dalam sesi latihan di studio. Aturan yang berlaku di setiap rehearsal studio, adalah adanya biaya lebih jika penyewa hendak memakai peralatan recording. Sementara kami belum membutuhkan kualitas rekaman seperti itu..

Untuk itu saya mengandalkan perangkat Tascam IM2. Perangkat innovative ini, adalah Stereo Condenser Microphone yang bisa dikoneksikan pada smartphone iPhone 4 atau tablet iPad 3, sehingga menghasilkan kualitas tangkapan audio yang sangat bagus. Bahkan karena tingginya kepekaannya, jika angin berhembus akan menimbulkan suara yang mengganggu hasil rekaman. Oleh sebab itu perangkat ini hanya saya pakai di dalam studio rehearsal. Untuk penggunaan diluar ruangan saya sarankan tambahan Wind Muffler yang bisa menghilangkan gangguan suara dari angin yang berhembus.

Kualitas hasil rekaman perangkat ini, bisa didengar pada video berikut:

Dengan perangkat ini proses merekam performance anak – anak Rocket dalam rehearsal menjadi mudah dan menghasilkan kualitas suara yang cukup baik..